Kamis, 07 Januari 2016

International Class Program of SDII Al Abidin Surakarta


A.                Konsep Layanan ICP
Layanan kelas internasional (ICP) SDII AL-ABIDIN adalah layanan yang memenuhi seluruh Standar Nasioanl Pendidikan (SNP) dan diperkaya dengan mengacu pada standar pendidikan dari sekolah New South Wales dan Cambridge School.
B.                 Tujuan Layanan ICP
Meningkatkan mutu layanan pendidikan yang berbasis bahasa Inggris, mengembangkan budaya nasional secara global, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
C.                Kurikulum ICP
    1. Menerapkan Nasional yang dikembangkan dari standart isi, standart kompetensi kelulusan dan kompetensi dasar yang diperkaya dengan muatan Internasional.
    2. Menerapkan proses pembelajaran dalam Bahasa Inggris, untuk semua mata pelajaran kecuali Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.
    3. Mengadopsi kurikulum dan buku teks yang dipakai sekolah internasional Singapura dan Cambridge School
    4. Menerapkan standar kelulusan yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang ada di dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP).
    5. Penilaian memenuhi standar nasional dan Internasional.

D.      Proses pembelajaran ICP
    1. Pembelajaran ditekankan pada belajar tuntas (mastery learning) dengan pengayaan (enrichment) dan remedial teaching, dan tidak ada penyelesaian ketuntasan belajar dalam bentuk pekerjaan rumah.
    2. Pembelajaran dilaksanakan secara in door learning ( di kelas bersama guru kelas dan native speaker) dan out door learning (field trip, out bound)
    3. Pekerjaan rumah merupakan tugas-tugas terstruktur yang dapat menumbuhkan daya kreasi, inovasi, nalar, dan eksperimentasi, serta dapat membentuk sikap dan etika Islami, dengan pembiasaan sehari-hari.
    4. Pembelajaran bersifat pro-perubahan, yaitu proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan daya kreasi, inovasi, nalar, dan eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru, a joy of discovery,
    5. Menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan; student centered; reflective learning, active learning; exciting dan joyful learning, cooperative learning; quantum learning; learning revolution; dan contextual learning, yang kesemuanya itu telah memiliki standar internasional;
    6. Menerapkan proses pembelajaran berbasis TIK pada semua mata pelajaran;
    7. Proses penilaian dengan menggunakan model penilaian sekolah unggul dari negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya.

E.     Proses pembelajaran ICP
Dalam pengembangan diri prinsip yang paling mendasar adalah mengembangkan kepribadian seseorang, yang memacu individu agar memiliki kualitas personal. Pengembangan diri tersebut dikemas dalam kegiatan sebagai berikut:
    1. Kegiatan ekstrakurikuler terdiri atas:
    2. Kegiatan Pembiasaan
    3. Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme
    4. Pekan Olah Raga dan Seni
    5. Bimbingan dan Konseling
    6. Outdoor Learning and Training
    7. Kegiatan Internasional

F.     Pembentukan karakter
    1. Karakter muslim kaffah
    2. Karakter bangsa Indonesia

G.    Kompetensi Lulusan ICP
    1. Lulusan ICP dapat melanjutkan pendidikan pada satuan pendidikan yang bertaraf internasional, baik di dalam negeri maupun luar negeri,
    2. Meraih mendali tingkat internasional pada berbagai kompetensi sains, matematika, teknologi, seni, dan olah raga.
    3. Kualifikasi perilaku kognitif :  kritis, daya tangkap cepat, mudah dan cepat memecahkan masalah. 
    4. Kualifikasi perilaku kreatif : rasa ingin tahu, imajinatif, tertantang, berani ambil resiko.
    5. Kualifikasi perilaku keterikatan terhadap tugas : tekun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, keteguhan dan daya juang tinggi.
    6. Kualifikasi perilaku kecerdasan emosi : pemahaman diri sendiri, pemahaman diri orang lain, pengendalian diri, kemandirian, penyesuaian diri, harkat diri dan berbudi pekerti.
    7. Kualifikasi perilaku kecerdasan spiritual :  pemahaman apa yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kebahagiaan diri sendiri dan orang lain.
    8. Kualifikasi kebahasaan ; mampu berbahasa Inggris dengan baik dan aktif, baik secara lesan maupun tertulis.

H.    Sarana Prasarana
    1. Ruang kelas/ belajar
Ruang kelas dilengkapi dengan LCD, screensaver, Komputer
    1. Perpustakaan kelas
Perpustakaan kelas disiapkan untuk meningkatkan minat baca siswa, tersedia berbagai literatur baik berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia
    1. Locker kelas
Disediakan bagi siswa untuk keperluan menyimpan alat tulis, peralatan sholat dan lain-lain.
http://alabidinicp.blogspot.co.id/2014/06/sekilas-program-icp-al-abidin.html

1 komentar:

  1. "Bismillahirahmanirahim
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.
    KISAH HIDUP SAYA
    Nama saya Ayunda Honorer daerah Medan . Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya saya Berhasil, itu semua Berkat Bpk AIDU TAUHID.SE.M.Si.. Beliau adalah Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS BKN PUSAT Jakarta..
    Saya awalnya tidak percaya,tapi setelah saya coba menhubungi Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si.. dengan No.tlp: 0852-5552-2745 akhirnya saya bisa lulus CPNS 2016. Berjubelnya peserta tes sempat membuat hati saya ciut ketika itu.
    Alhamdulillah berkat Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. yang banyak membantu saya, saya sekarang lulus CPNS dan SK saya akhirnya bisa keluar,itu adalah kisah hidup dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. No HP Beliau: 0852-5552-2745 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak lagi yang bisa lulus dengan bantuan Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. . atau bisa lihat profil beliau di http://www.bkn.go.id/unit_kerja/aidu-tauhid ,Selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,Terima kasih
    Waalaikumsalam Wr. Wb"

    BalasHapus